Jawaban UTS


JAWABAN SOAL UTS
MATA KULIAH PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR  
DAN PENGELOLAAN SUMBER BELAJAR

Dosen Pengampu : Dr. Samsudin






Nama             : Agus Sadikin
NIM   : 5220110114
















PROGRAM MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM AS-SYAFI’IYAH (UIA)
JAKARTA 2012


1.        Pengertian sumber belajar menurut para ahli antara lain:
a.       Menurut Association Educational Comunication and Tehnology AECT (As’ari, 2007) sumbr belajar yaitu berbagai atau semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan siswa dalam belajar, baik secara terpisah maupun terkombinasi sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajar. Sumber belajar menurut AECT (Suratno, 2008) meliputi semua sumber yang dapat digunakan oleh pelajar baik secara terpisah maupun dalam bentuk gabungan, biasanya dalam situasi informasi, untuk memberikan fasilitas belajar. Sumber itu meliputi pesan, orang, bahan, peralatan, teknik dan tata tempat.
b.      Edgar Dale  seorang ahli pendidikan mengemukakan sumber belajar adalah,  segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk memfasilitasi belajar seseorang.
c.       Menurut Dirjen Dikti (1983: 12), sumber belajar adalah.Segala sesuatu dan dengan mana seseorang mempelajari sesuatu. Degeng (1990: 83) menyebutkan sumber belajar mencakup semua sumber yang mungkin dapat dipergunakan oleh pebelajar agar terjadi prilaku belajar. Dalam proses belajar, komponen sumber belajar itu mungkin dimanfaatkan secara tunggal atau secara kombinasi, baik sumber belajar yang direncanakan maupun sumber belajar yang dimanfaatkan.
d.      Hamalik, menerangkan bahwa sumber  belajar  adalah  semua  sumber  yang  dapat  dipakai  oleh peserta  belajar,  baik  secara  individual  maupun  kelompok  untuk memudahkan terjadinya proses belajar
e.       Torkleson  (1965) mengatakan  bahwa  sumber  belajar  adalah  segala apa yang ada di sekolah pada masa lalu, sekarang dan pada masa yang akan datang.  Pengertian  ini  sangat  luas  cakupannya  karena  tidak  merinci  dan menjelaskan jenis-jenis sumber belajar secara khusus.
f.       Nana  Sudjana  (1997) mendefinisikan  sumber  belajar  sebagai  segala daya  yang  dapat  dimanfaatkan  guna  memberi  kemudahan  kepada  seseorang dalam belajarnya. Pengertian ini memberikan pengertian sumber belajar dalam arti luas juga. Sumber belajar diartikan sebagai daya  yang dapat dimanfaatkan untuk  kepentingan  prosespembelajaran  baik  secara  langsung  maupun  tidak langsung, sebagian atau secara keseluruhan.
Kesimpulan : Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dijadikan sebagai acuan, referensi,  atau  rujukan  bagi  orang  yang  belajar, berupa:  Manusia dan non Manusia, baik yang direncanakan (by design) maupun  yang bisa dimanfaatkan (by utilization), baik secara terpisah maupun gabungan.
2.        Perbedaan sumber belajar dan bahan ajar antara lain adalah :
Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dijadikan sebagai acuan, referensi, atau rujukan bagi orang yang belajar, baik berupa manusia maupun non manusia, yang direncanakan (dibuat) ataupun yang dimanfaatkan,.
Sedangkan bahan ajar adalah materi yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi efektif agar dapat disampaikan kepada peserta didik. Atau merupakan seperanghkat materi yang disusun secara sistematis yang bertujuan untuk membantu peserta didik mencapai tujuan kompetensi.
Bahan ajar merupakan bagian dari sumber belajar, tetapi tidak sebaliknya. Bahan ajar merupakan bagian dari sumber belajar yang lebih spesifikasinya termasuk pada poin bahan. Bahan ajar merupakan seperangkat subtansi/materi pembelajaran (teaching material) yang disusun secara sistematis, menampilkan sosok utuh dari kompetensi yang akan dikuasai siswa dalam kegiatan pembelajaran. Dengan bahan ajar memungkinkan siswa dapat mempelajari suatu standar kompetensi atau Kompetensi Dasar secara runtut dan sistematis sehingga secara akumulatif mampu menguasai semua kompetensi secara utuh dan terpadu.
Contohnya : Buku bacaan, Informasi di internet, dan pendapat orang bisa secara  umum bisa dikatakan sumber belajar. Tetapi buku paket mata pelajaran, tutorial, modul adalah bahan ajar.

3.        Prosedur merancang sumber belajar adalah sebagai berikut :
1)      Mempelajari kuriklum
Menganalisis standar kompetensi dan kompetensi dasar yang terdapat dalam kurkulum serta kebutuhan dan karakteristik siswa sehingga bias menjadi dasar penentuan sumber belajar
2)      Menetapkan kompetensi siswa yang hendak dicapai
Mengidentifikasi aspek-aspek standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dipelajari atau dikuasai siswa berdasarkan anlisis kebutuhan dan karakteistik siswa Aspek tersebut perlu ditentukan, karena setiap aspek standar kompetensi dan kompetensi dasar akan memerlukan jenis materi yang berbeda-beda dalam kegiatan pembelajaran untuk membantu pencapaiannya

3)      Memilih dan menentukan materi yang akan disajikan
Berdasarkan identifikasi kompetensi yang akan dicapai langkah selanjutnya memilih materi yang akan disajikan dengan mengidentifikasi jenis-jenis materi pembelajaran apakah materi tersebut berupa fakta, konsep, prinsip atau procedure, juga kognitif, afektif atau psikomotor. Dengan demikian pemilihan materi akan sejalan dengan tujuan/kompetensi yang akan dicapai
4)      Memilih dan menentukan  jenis dan sumber belajar
Dalam pemilihan  sumber belajr harus sesuai dengan analisis kebutuhan dengan memperhatikan hal-hal berikut: Ketersediaan sumber  setempat,  apabila  tidak  ada  maka  harus  dibeli  atau dibuat sendiri (tersedia dana, tenaga, dan fasilitas dalam membeli atau membuat sendiri), Keluwesan, kepraktisan, dan ketahanan media untuk waktu lama, Efektivitas biaya dalam jangka waktu panjang. Pandai memilih media yang tepat. 

5)      Mengembangkan sumber belajar
Kegiatan ini menghasilkan produk sumber belajar yang akan digunakan untuk proses pembelajaran. Dalam pengembangan sumber belajar ini dengan memperhatikan faktor ekonomis, praktis dan sederhana, fleksibel dan sesuai dengan tujuan pembelajaran

6)      Mengevaluasi sumber belajar
Kegiatan ini melihat kriteria keberhasilan dalam merancang sumber belajar dan mengevaluasi penggunaan sumber belajar

4.        Membuat RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                               : SDIT Al-Izzah
Mata Pelajaran                  : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                   : VI/1
Standar Kompetensi          : 1.          Mengartikan surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar              :.1        Membaca QS Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
KKM                                   : 70
Alokasi Waktu                   : 3x35     menit (1x pertemuan)

I.         Tujuan Pembelajaran    :
1.         Siswa dapat membaca Surah Al Qadr dan Al Alaq ayat 1-5 dengan harakat dan makhraj yang benar
2.         Siswa dapat menerapkan hukum tajwid pada Surah Al Qadr dan Al‘Alaq ayat 1-5 dengan benar
                                                             
II.      Materi Pembelajaran     :
 Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5.
III.   Metode / model Pembelajaran :
1.      Siswa berlatih membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 dengan harakat dan makhraj yang benar
2.      Siswa mengadakan Tanya jawab dengan teman-temannya membahas          hukum bacaan yang ada pada Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
3.      Siswa berlatih menerapkan hukum bacaan pada Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
A.    Kegiatan Pendahuluan
      Apersepsi  dan Motivasi :
-          Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
-          Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam)
B.     Kegiatan Inti.                
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-          Beberapa siswa Dan Siswa lainnya membaca Surah Al Qadr dan Al Al ‘Alaq ayat 1-5,  sedangkan siswa yang lain mendengarkan
-          Siswa membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 dengan harakat dan makhraj yang benar mangikuti bacaan guru
      Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-          Siswa mengulang-ulang membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
-          Siswa diperkenalkan hukum bacaan yang ada pada Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
-          Siswa membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq dengan menerapkan hukum   bacaan yang benar
-          Siswa menampilkan kemampuan membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 dengan harakat, makhraj, dan hukum bacaan yang benar di depan kelas
      Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-          Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-          Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C.    Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup,  guru:
-          Guru mengadakan Tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa tentang hukum bacaan yang ada pada surah yang telah dipelajari
-          Siswa diminta menulis Surah Al Qadr dan Al ’Alaq ayat 1-5 di buku tugas

V.      Alat/Sumber Belajar:
1.    Teks lafal Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 di karton
2.    Buku Tajwid
3.    Buku Pendidikan Agama Islam
4.    Kaset/CD Alquran
5.    Alquran (juz Amma)

VI.   Penilaian:
1.      Indikator  : Dapat membaca surat Al-Qadr, Dapat membaca surat Al-Alaq ayat 1-5
2.      Teknik Penilaian : Tes lisan
3.      Instrument soal
a.    Lafalkan Surah Al Qadr dengan harakat dan makhraj yang benar!
b.   Lafalkan Surah Al ‘Alaq ayat 1-5 dengan harakat dan makhraj yang benar!
c.    Sebutkan contoh bacaan idzhar daalam surat al-Qadar!
d.   Sebutkan contoh bacaan ikhfa dalam surat al-Alaq !

Mengetahui,
Kepala SDIT Al-Izzah




(_______________________)
.

Serang, Juli 2012
Guru Pendidikan Agama Islam




(Agus Sadikin, S.Ag)


5.        Jika saya menjadi pemangku kebijakan dibidang pendidikan, maka Program yang akan saya lakukan untuk peningkatan kualitas pendidikan yang berorientasi pada pengembangan sumber belajar adalah:

a.       Mengadakan pelatihan yang terprogram dan sistematis dalam memberikan pengenalan dan dan penguasaan pengembangan sumber belajar melalui pemanfaatan internet, pemanfaatan sumber daya lingkungan,  median cetak dan elektronik.
b.      Menyelenggarakan lomba karya tulis dan penelitian bagi guru secara berkala dan memberikan penghargaan bagi guru yang dalam pelaksanaannya menunjukan kreatifitas dan inovasinya dalam menerapkan pengembangan sumber belajar bagi kegiatan belajar mengajarnya yang disesuaikan dengan potensi sumber daya yang ada.
c.       Mengembangkan model RPP dan KBM  sebuah model pemebelajaran



Read more...
Terimakasih anda telah berkunjung di blog Agus Sadikin. Jangan pelit ya, kasih komentar biar pun sedikit asal menggigit... Woooow! takuuuut. Iya kaya dog-dog aja pakai menggigit. Tapi, ga apa asal jangan sampai melilit aja ya, he...he...he... Kabuuuuuur!

About This Blog

Selamat datang di blog Agus Sadikin. Blog ini ditujukan untuk menyimpan catatan-catatan dan materi perkuliahan yang saya ikuti di UIA Jakarta Program Magister Teknologi Pendidikan juga sedikit ide dan pemikiran yang saya share, semoga bermanfaat.

Agus Sadikin (c) 2012. Diberdayakan oleh Blogger.

  © Blogger template The Beach by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP