Jawaban UTS
JAWABAN
SOAL UTS
MATA KULIAH PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR
DAN PENGELOLAAN SUMBER BELAJAR
Dosen
Pengampu : Dr. Samsudin
Nama
: Agus Sadikin
NIM
: 5220110114
PROGRAM MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM AS-SYAFI’IYAH (UIA)
JAKARTA 2012
1.
Pengertian
sumber belajar menurut para ahli antara lain:
a.
Menurut Association Educational
Comunication and Tehnology AECT (As’ari, 2007) sumbr belajar yaitu berbagai atau
semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan
siswa dalam belajar, baik secara terpisah maupun terkombinasi sehingga
mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajar. Sumber belajar menurut AECT (Suratno, 2008) meliputi semua sumber yang dapat
digunakan oleh pelajar baik secara terpisah maupun dalam bentuk gabungan,
biasanya dalam situasi informasi, untuk memberikan fasilitas belajar. Sumber
itu meliputi pesan, orang, bahan, peralatan, teknik dan tata tempat.
b.
Edgar Dale seorang ahli pendidikan mengemukakan
sumber belajar adalah, segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk
memfasilitasi belajar seseorang.
c.
Menurut
Dirjen Dikti (1983: 12), sumber belajar adalah.Segala sesuatu dan dengan mana seseorang mempelajari
sesuatu. Degeng (1990: 83) menyebutkan sumber belajar mencakup semua sumber
yang mungkin dapat dipergunakan oleh pebelajar agar terjadi prilaku belajar.
Dalam proses belajar, komponen sumber belajar itu mungkin dimanfaatkan secara
tunggal atau secara kombinasi, baik sumber belajar yang direncanakan maupun
sumber belajar yang dimanfaatkan.
d.
Hamalik,
menerangkan bahwa sumber belajar adalah
semua sumber yang
dapat dipakai oleh peserta
belajar, baik secara
individual maupun kelompok
untuk memudahkan terjadinya proses belajar
e.
Torkleson (1965)
mengatakan bahwa sumber
belajar adalah segala apa yang ada di sekolah pada masa
lalu, sekarang dan pada masa yang akan datang.
Pengertian ini sangat
luas cakupannya karena
tidak merinci dan menjelaskan jenis-jenis sumber belajar
secara khusus.
f.
Nana
Sudjana (1997)
mendefinisikan sumber belajar
sebagai segala daya yang
dapat dimanfaatkan guna
memberi kemudahan kepada
seseorang dalam belajarnya. Pengertian ini memberikan pengertian sumber
belajar dalam arti luas juga. Sumber belajar diartikan sebagai daya yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan
prosespembelajaran baik secara
langsung maupun tidak langsung, sebagian atau secara
keseluruhan.
Kesimpulan : Dari
penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa sumber belajar adalah segala
sesuatu yang dapat dijadikan sebagai acuan, referensi, atau
rujukan bagi orang
yang belajar, berupa: Manusia dan non Manusia, baik yang direncanakan
(by design) maupun yang bisa dimanfaatkan
(by utilization), baik secara terpisah maupun gabungan.
2.
Perbedaan
sumber belajar dan bahan ajar antara lain adalah :
Sumber
belajar adalah segala sesuatu yang dapat dijadikan sebagai
acuan, referensi, atau rujukan bagi orang yang belajar, baik berupa manusia
maupun non manusia, yang direncanakan (dibuat) ataupun yang dimanfaatkan,.
Sedangkan bahan ajar adalah materi yang diolah sedemikian rupa sehingga
menjadi efektif agar dapat disampaikan kepada peserta didik. Atau merupakan
seperanghkat materi yang disusun secara sistematis yang bertujuan untuk
membantu peserta didik mencapai tujuan kompetensi.
Bahan
ajar
merupakan bagian dari sumber belajar, tetapi tidak sebaliknya. Bahan ajar
merupakan bagian dari sumber belajar yang lebih spesifikasinya termasuk pada
poin bahan. Bahan ajar merupakan seperangkat subtansi/materi pembelajaran
(teaching material) yang disusun secara sistematis, menampilkan sosok utuh dari
kompetensi yang akan dikuasai siswa dalam kegiatan pembelajaran. Dengan bahan
ajar memungkinkan siswa dapat mempelajari suatu standar kompetensi atau Kompetensi
Dasar secara runtut dan sistematis sehingga secara akumulatif mampu menguasai
semua kompetensi secara utuh dan terpadu.
Contohnya
: Buku bacaan, Informasi di internet, dan pendapat orang bisa secara umum bisa dikatakan sumber belajar. Tetapi
buku paket mata pelajaran, tutorial, modul adalah bahan ajar.
3.
Prosedur
merancang sumber belajar adalah sebagai berikut :
1) Mempelajari
kuriklum
Menganalisis
standar kompetensi dan kompetensi dasar yang terdapat dalam kurkulum serta kebutuhan
dan karakteristik siswa sehingga bias menjadi dasar penentuan sumber belajar
2) Menetapkan
kompetensi siswa yang hendak dicapai
Mengidentifikasi
aspek-aspek standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dipelajari atau
dikuasai siswa berdasarkan anlisis kebutuhan dan karakteistik siswa Aspek
tersebut perlu ditentukan, karena setiap aspek standar kompetensi dan
kompetensi dasar akan memerlukan jenis materi yang berbeda-beda dalam kegiatan
pembelajaran untuk membantu pencapaiannya
3) Memilih
dan menentukan materi yang akan disajikan
Berdasarkan identifikasi kompetensi yang
akan dicapai langkah selanjutnya memilih materi yang akan disajikan dengan
mengidentifikasi jenis-jenis materi pembelajaran apakah materi tersebut berupa
fakta, konsep, prinsip atau procedure, juga kognitif, afektif atau psikomotor.
Dengan demikian pemilihan materi akan sejalan dengan tujuan/kompetensi yang
akan dicapai
4) Memilih
dan menentukan jenis dan sumber belajar
Dalam pemilihan sumber belajr harus sesuai dengan analisis
kebutuhan dengan memperhatikan hal-hal berikut: Ketersediaan sumber setempat,
apabila tidak ada
maka harus dibeli
atau dibuat sendiri (tersedia dana, tenaga, dan fasilitas dalam membeli
atau membuat sendiri), Keluwesan, kepraktisan, dan ketahanan media untuk waktu
lama, Efektivitas biaya dalam jangka waktu panjang. Pandai memilih media yang
tepat.
5) Mengembangkan
sumber belajar
Kegiatan
ini menghasilkan produk sumber belajar yang akan digunakan untuk proses
pembelajaran. Dalam pengembangan sumber belajar ini dengan memperhatikan faktor
ekonomis, praktis dan sederhana, fleksibel dan sesuai dengan tujuan
pembelajaran
6) Mengevaluasi
sumber belajar
Kegiatan
ini melihat kriteria keberhasilan dalam merancang sumber belajar dan
mengevaluasi penggunaan sumber belajar
4.
Membuat RPP
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SDIT Al-Izzah
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/1
Standar
Kompetensi : 1. Mengartikan surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar :.1 Membaca QS Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
KKM :
70
Alokasi Waktu :
3x35 menit (1x pertemuan)
I.
Tujuan Pembelajaran :
1.
Siswa dapat membaca
Surah Al Qadr dan Al Alaq ayat 1-5 dengan harakat dan makhraj yang benar
2.
Siswa
dapat menerapkan hukum tajwid pada Surah Al Qadr dan Al‘Alaq ayat 1-5 dengan
benar
II.
Materi
Pembelajaran :
Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5.
III.
Metode
/ model Pembelajaran :
1.
Siswa
berlatih membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 dengan harakat dan makhraj
yang benar
2.
Siswa
mengadakan Tanya jawab dengan teman-temannya membahas hukum bacaan yang ada pada
Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
3.
Siswa berlatih
menerapkan hukum bacaan pada Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
IV.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
A. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
-
Tadarus
bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
-
Memberikan
pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan (melalui fitur Mutiara
Islam)
B.
Kegiatan Inti.
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
-
Beberapa
siswa Dan Siswa lainnya membaca Surah Al Qadr dan Al Al ‘Alaq ayat 1-5, sedangkan siswa yang lain mendengarkan
-
Siswa
membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 dengan harakat dan makhraj yang
benar mangikuti bacaan guru
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
-
Siswa
mengulang-ulang membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
-
Siswa
diperkenalkan hukum bacaan yang ada pada Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
-
Siswa
membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq dengan menerapkan hukum bacaan yang benar
-
Siswa
menampilkan kemampuan membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 dengan
harakat, makhraj, dan hukum bacaan yang benar di depan kelas
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
-
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
C.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
-
Guru
mengadakan Tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa tentang hukum
bacaan yang ada pada surah yang telah dipelajari
-
Siswa
diminta menulis Surah Al Qadr dan Al ’Alaq ayat 1-5 di buku tugas
V.
Alat/Sumber
Belajar:
1. Teks lafal Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 di karton
2.
Buku
Tajwid
3.
Buku
Pendidikan Agama Islam
4.
Kaset/CD
Alquran
5.
Alquran
(juz Amma)
VI.
Penilaian:
1.
Indikator : Dapat membaca surat Al-Qadr, Dapat membaca
surat Al-Alaq ayat 1-5
2.
Teknik Penilaian : Tes lisan
3.
Instrument
soal
a.
Lafalkan Surah Al Qadr dengan harakat dan makhraj
yang benar!
b.
Lafalkan Surah Al ‘Alaq ayat 1-5 dengan harakat dan
makhraj yang benar!
c.
Sebutkan contoh bacaan idzhar daalam surat al-Qadar!
d.
Sebutkan contoh bacaan ikhfa dalam surat al-Alaq !
Mengetahui,
Kepala SDIT Al-Izzah
(_______________________)
.
|
|
Serang, Juli 2012
Guru Pendidikan Agama Islam
(Agus Sadikin, S.Ag)
|
5.
Jika saya menjadi
pemangku kebijakan dibidang pendidikan, maka Program yang akan saya lakukan
untuk peningkatan kualitas pendidikan yang berorientasi pada pengembangan
sumber belajar adalah:
a. Mengadakan pelatihan yang terprogram dan
sistematis dalam memberikan pengenalan dan dan penguasaan pengembangan sumber
belajar melalui pemanfaatan internet, pemanfaatan sumber daya lingkungan, median cetak dan elektronik.
b. Menyelenggarakan lomba karya tulis dan penelitian
bagi guru secara berkala dan memberikan penghargaan bagi guru yang dalam
pelaksanaannya menunjukan kreatifitas dan inovasinya dalam menerapkan
pengembangan sumber belajar bagi kegiatan belajar mengajarnya yang disesuaikan
dengan potensi sumber daya yang ada.
c. Mengembangkan model RPP dan KBM sebuah model pemebelajaran